Kumaha Cara Cupangna Hade lamun ngawinkeun !!! - MOEH BETTA JAYA

Kumaha Cara Cupangna Hade lamun ngawinkeun !!!

 Tentu ada banyak pertanyaan identik yang secara umum ditanyakan banyak orang tentang Cupang Aduan. Di page ini akan mencoba membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan sehingga akhirnya tidak sedikit juga yang malas menjawab atau jenuh membantu menjawab pertanyaan tersebut karena dirasa terlalu Basic yang menurut kita seharusnya para penghobbi sudah mengerti tentang hal tersebut. walaupun ternyata yang bertanya memang tidak mengerti sama sekali.

FAQ CUPANG ADU

1. Apa ciri-ciri Cupang Adu Thailand, Vietnam, Medan, Bagan, Lokal dan Jerman ? jawabannya = Tidak ada ciri-ciri spesifik yang membedakan antara Cupang asal suatu negara dengan lainnya. semua kurang lebih sama secara fisik warna dan bentuk.

2. Apa bedannya Cupang Medan dengan Cupang Bagan ? Jawabannya = Cupang Medan Cupang yang berasal dari penangkar asal kota Medan, begitupun demikian Bagan, ditangkar langsung dari asalnya yaitu Kota Bagansiapiapi.

3. Kalau Indukan Import ditangkar di Indonesia disebut apa ? Jawabannya = Anakan Import.

4. Kalau Indukan silangan Import dengan Medan disebut apa ? Jawabannya = Tergantung darimana asal tangkarannya. umumnya bila ditangkar di kota Medan sebutannya "Anak ikan" atau Cupang Medan. kalau tangkarannya berasal dari pulau Jawa biasa disebut Lokal.

5. Apa itu arti Seri pada Cupang adu ? Jawabannya = Kode yang di berikan oleh peternak kepada Aduannya.

6. Apakah Seri 15 pemain Kok Yung(Medan) sama dengan seri 15 yang dimiliki oleh Ajung(Kalimantan) ? Jawabannya = Tidak sama. Seri hanyalah sebuah kode. ikan yang memiliki seri sama bukan berarti berasal dari lubuk yang sama.

7. Benarkah Betina setelah 3-4 kali pijah akan memproduksi lebih banyak Betina ? = Jawabannya = Benar , Namun tidak menutup kemungkinan betina yang pertama pijah sekali memproduksi lebih banyak betina. faktor kuatnya genetik mempengaruhi.

8. Berapa hari istirahat seekor cupang adu menjelang adu ? Jawabannya = Tergantung beratnya latihan. untuk latihan ringan sehari cukup. untuk latihan berat umumnya istirahat 2 sampai 3 hari.

9. Apakah Garam membuat sisik lembek ? = Jawabannya = Tidak!

10. Apa Fungsi garam ? Jawabannya = Garam membantu menyeimbangkan sistem osmoregulasi dan memicu daya tahan tubuh cupang terhadap serangan penyakit

11. Apakah Daun ketapang mampu menguatkan sisik ? Jawabannya = Iya. perendaman cupang didaun ketapang lebih dari 2 minggu akan membantu penguatan disektor sisik, walau peningkatan kekerasan sisik hanya sedikit.

12. Apakah Daun ketapang harus diolah terlebih dahulu ? Jawabannya = Iya. pengolahan wajib dilakukan agar daun terbebas dari penyakit dan virus. serta untuk mereduksi produksi lemak getah yang berlebihan.

13. Benarkah Kalsium KALK tablet/bubuk membantu proses kekerasan sisik dan ketajaman gigi ? Jawabannya = Ya. prosesnya berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Sedikit banyak akan membantu. seberapa maksimalnya semua balik lagi kepada genetik, kualitas yang diturunkan indukan dan pola rawatan selama dikolam.

14. Berapa hari latihan cupang adu yang paling baik ? Jawabannya = Minimal 4 hari. artinya latihan jangka waktu panjang akan menghasilkan performa yang lebih baik.

15. Proses perkawinan cupang biasanya berlangsung berapa lama ? Jawabannya = Bila penggabungan kedua induk pada malam hari biasanya keesok malam harinya sudah terjadi perkawinan. Jadi kira kira kurang lebih 30 jam.

16. Hari ke berapakah kedua indukan harus diangkat dan dipisahkan dari burayak ? Jawabannya = Betina diangkat sesaat selesai pemijahan. sementara Jantan bisa dipisahkan setelah 7 sampai 15 hari.

17. Kenapa Jantan memakan telur ? Jawabannya = Masih belum ada kepastian tentang hal tsb. Walau ada beberapa hal yang diprediksi menyebabkan jantan makan telur. yang pasti ada Jantan yang memiliki sifat selalu makan telur yang dia jaga walau sudah berulang kali kawin dengan betina berbeda beda.

18. Apakah Jantan kelaparan dan memakan telur ? Jawabannya = Tidak. Hasil penelitian jantan yang menjalani proses kawin sampai jaga telur mampu bertahan untuk tidak makan hingga 10 hari tanpa memakan seekorpun burayaknya. Luar biasa bukan?

19. Jadi apa faktor yang paling jadi pertimbangan seorang peternak tentang Indukan Jantan makan telur ? Jawabannya = Banyak peternak pro yang menduga penyebab jantan makan telur adalah sebagai berikut : Kaget akibat suasana lingkungan tidak tenang, Indukan jantan stress karena lelah, Telur yang gagal karena tidak terbuahi dengan sperma dan Sifat pemakan telur.

20. Lebih dominan manakah Betina atau Jantan kepada hasil keturunannya ? Jawabannya = Betina akan lebih dominan daripada Jantan dalam mewariskan kualitasnya. Maka tidak heran banyak yang tidak menjual Betina trah juara.

21. Indukan sudah bagus kenapa hasilnya masih jauh dari kata baik ? Jawabannya = Faktor faktor penunjang seekor cupang menjadi super selain Genetik adalah pola rawat sejak dini, pakan, lingkungan, sumber daya alam dan tentunya Air.

22. Apa itu Kolam Tanah ? Jawabannya = Kolam tanah adalah kolam yang menggunakan sumber mata air. umumnya digali hingga menemukan sumber mata air. Bila ada kolam tanah yang hanya dibuat posisinya berada didalam tanah dan diisi dengan air dari atas maka kolam tersebut dipastikan tidak ada bedanya dengan kolam semen, hanya peletakannya yang bebeda. 

23. Jadi artinya kolam semen tidak bagus ? Jawabannya = Bagus! tapi jauh lebih bagus lagi kolam Tanah.

24. Apa keuntungan kolam tanah dibanding kolam semen ? Jawabannya = Cupang yang tumbuh dikolam tanah akan tumbuh lebih maksimal, mudah Tajam dan keras akibat pengaruh parameter mata air.

Posting Komentar untuk "Kumaha Cara Cupangna Hade lamun ngawinkeun !!!"