Ciri Ikan Cupang Aduan Super berdasarkan Gene - MOEH BETTA JAYA

Ciri Ikan Cupang Aduan Super berdasarkan Gene

 RISE THE CHAMPION

 

Ikan Adu Super

Menghasilkan cupang aduan super membutuhkan indukan yang benar-benar berkualitas. setidaknya kedua indukan memiliki reputasi yang tergolong istimewa. bila hanya mengandalkan kualitas bagus saja tidak cukup. tips agar mendapatkan indukan terbaik dari setiap peternak adalah dengan cara pendekatan secara personal. hubungan yang terjalin baik akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan indukan super yang umumnya hanya diberikan kepada Sahabat atau pelanggan terbaik.

 

Pembesaran cupang dikolam dalam tanah juga menjadi poin tambahan. karena kolam dalam tanah mengandalkan mata air yang memiliki kualitas mineral tinggi, umumnya suhu air stabil lalu kandungan mineral sangat tinggi. ikan akan sangat sehat dan tumbuh sempurna. Tidak lupa kondisi lingkungan yang mendukung, seperti cahaya matahari dan ketersediaan pakan hidup.

 

Gunakan jantan yang sudah pernah menang dalam pertarungan berkelas diarena terpandang. jantan harus memiliki pukulan yang keras, sisik keras dan bergigi tajam. arah pukulan yang baik kearah perut, insang dan sekitar muka. lalu pilih betina yang saudara kandung jantannya memiliki reputasi istimewa juga dengan gaya bertarung jurus andalan Baling dan memiliki pukulan keras kearah pangkal dan perut. hasil keduanya dipastikan super.

 

 

PARENT CRITERIA

 

Sudah banyak sumber yang menjelaskan bagaimana kriteria memilih indukan aduan yang baik. ada peternak yang lebih perfeksionis menyukai aduan dengan gaya bertarung yang lebih spesifik. Namun lebih banyak kita temukan peternak yang mencetak aduan asalkan indukannya  sekedar terbukti sudah menang atau bagus. kedengarannya memang sederhana, namun kenyataannya ternyata tidak mudah menghasilkan Cupang aduan berkualitas Super.

 

Ada 3 Kriteria dasar yang dibutuhkan Indukan untuk dapat menghasilkan keturunan yang bagus. Yaitu :

 

 

1. Mental atau HATI (HEART). Kenapa Mental menjadi dasar yang paling penting? karena inilah bagian terpenting yang secara alami hanya bisa diwariskan melalui Genetika.  Ikan berumur 11 bulan pun bila tidak memiliki mental yang baik kerap akan menyerah bila mengalami kesakitan saat bertarung. Mental bisa diwarisi dari Betina Aduan.

 

2. Ketajaman Gigi. Aduan yang memiliki gigi Tajam akan sangat amat berbahaya bagi setiap lawannya.  akan dengan mudah merobek sisik dan daging lawannya hingga terluka parah. Tingkatan ketajaman gigi cupang sendiri berbeda-beda, namun bila mau mengukur seberapa tajam cupang tersebut cukup masukan cupang tersebut kedalam plastik lalu di ikat dan cobalah untuk memancing amarahnya sampai cupang tersebut memukul. bila pukulannya lemah dan air sudah mengucur derasa dari plastik maka dipastikan cupang tersebut memiliki gigi yang sangat panjang, berdiameter besar dan sangat tajam.

 

3. ROCK BODY. Indukan yang baik juga harus memiliki tubuh yang keras dan kuat. Bagian penting tersebut adalah ring bibir dan sisik tubuh. Sisik tubuh yang keras seperti sebuah Tameng bagi setiap prajurit sementara Duel adu mulut sangat krusial dalam adu cupang. bila mulut sudah rusak diumpamakan seorang prajurit yang berperang tanpa senjata.

 

 

Masih ada beberapa kriteria lainnya seperti Gaya tarung, intelejensi, Pukulan Fatal dan Stamina  Namun dipastikan tanpa diawali 3 kriteria dasar tersebut, semuanya akan menjadi sia-sia.

Picture

Picture

Picture

Picture

Picture

Picture

MENGHASILKAN KSATRIA TANGGUH DAN TAMPAN

 

 

Memiliki Fighters berkualitas dengan fisik yang sempurna tentu akan menjadi sebuah hasrat bagi semua peternak dan kolektor. Hal tersebut sangat mungkin terwujud. tentunya dengan hasil seleksi ketat dan bila sudah memiliki ikan Berkualitas tinggi, peternak juga tidak boleh mengabaikan hal berikut ini :

 

 

- RING BIBIR TEBAL DAN BESAR

- SIRIP PECTORAL MENGEMBANG BESAR

- DASI TEBAL

- SIRIP DORSAL  TINGGI DAN BESAR

- RAHANG BESAR (OTOMATIS BUKAAN INSANG BESAR)

- TULANG PUNGGUNG TINGGI DAN MENUKIK MENUJU KEPALA

- KEPALA BESAR BILA DILIHAT DARI ATAS

- PINGGANG LEBAR DAN KOKOH

- SIRIP EKOR BESAR SEPERTI KIPAS

 

Dengan persilangan fisik terbaik akan besar sekali mempengaruhi hasil yang di tuai. Bila bisa kenapa Tidak? Selain kualitasnya super, keindahannya akan menjadi daya Jual yang sangat tinggi.

MINERAL

Picture

Mineral adalah bahan anorganik yang dibutuhkan oleh cupang untuk pembentukan jaringan tubuh, proses metabolisme serta mempertahankan keseimbangan osmotik dan untuk proses pertumbuhan normal Cupang.

 

 

Dalam proses absorpsi Cupang memilih mineral yang berasal dari pakan dan juga mineral yang berasal dari air, contohnya yaitu seperti kalsium, magnesium, sodium, potassium, iron, zinc, copper dan selenium yang merupakan jenis mineral diperoleh dari air untuk memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi Cupang serta phosphat dan sulfat lebih efektif bila diperoleh dari pakan.

 

Jumlah mineral yang dibutuhkan cupang mungkin sedikit tetapi mempunyai fungsi yang luarbiasa pada perkembangan kualitas.

 

Manfaat mineral untuk cupang adu yaitu:

 Penyusun utama struktur rangka seperti tulang, kepala, gigi dan sisik

 Untuk transfer elektron dan kofaktor (mengaktifkan) dalam metabolisme, katalis dan enzim aktivator

 Sebagai regulasi keseimbangan asam basa dan sistem osmoregulasi dari darah maupun cairan tubuh lainnya

 Komponen penting dari vitamin, hormon, enzim dan pigmen pernapasan

 Elektrolit Na+, K+, Mg 2+ Ca 2+ , Cl- dan HCO3-  berperan utama dalam osmotik dan mengatur regulasi air dan larutan dalam cupang.

 

Jenis-jenis mineral terpenting yang dibutuhkan Cupang adu yaitu :

 

A. Kalsium (Ca) merupakan unsur mineral makro yang di dalam tubuh disimpan pada tulang, gigi dan sebagian besar pada sisik dan kerangka tubuh.

 

Ikan cupang dapat mengabsorpsi (menyerap) kalsium secara langsung dari lingkungannya. Pengambilan kalsium melalui insang, sirip dan epithelium mulut. Insang memegang peranan penting dalam regulasi kalsium.

 

B. Phosphor (P)

Fosfor adalah komponen pembentuk kerangka tubuh dimana tulang itu disusun oleh mineral P sebesar 16% dan Ca 37%. Manfaat phosphor, yaitu komponen pembentuk kerangka tubuh dan tulang.

 

Kekurangan (defisiensi) phosphor dapat menyebabkan

pertumbuhan menjadi lambat dan penurunan efisiensi pakan menyebabkan tulang belakang bengkok dan menghambat mineralisasi pada tulang

 

C. Magnesium (Mg)

Magnesium merupakan kofaktor bagi semua enzim yang terlibat di dalam reaksi pemindahan fosfat (fosfokinase)

 

Manfaat magnesium, yaitu:

berperan sebagai kofaktor (mengaktifkan) kerja enzyme dalam metabolisme lemak, karbohidrat dan protein

 

Kekurangan (defisiensi) magnesium, yaitu:

dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, pertumbuhan menjadi lambat dan aktivitas ikan berkurang (hasil ternakan lesu loyo) dan abnormal pada tulang atau organ tubuh cupang (bongkok dsb).

sumberberita : https://kingaquarior.weebly.com/genetika.html

Posting Komentar untuk "Ciri Ikan Cupang Aduan Super berdasarkan Gene"