Contoh Proposal Ikan Arwana Super Red Atau Golden - MOEH BETTA JAYA

Contoh Proposal Ikan Arwana Super Red Atau Golden

 PROPOSAL
USAHA MANDIRI PEMBESARAN IKAN ARWANA GOLD
DESA SINGAPARNA KEC. SINGAPARNA KAB. TASIKMALAYA

 

A.    LATAR BELAKANG

Arwana termasuk famili ikan “karuhun”, yaitu Osteoglasidae atau famili ikan “bony-tongue” (lidah bertulang), karena bagian dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Arwana memiki berbagai julukan, seperti: Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, PlaTapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, tergantung dari tempatnya.

Bentuk dan penampilan arwana termasuk cantik dan unik. Tubuhnya memanjang, ramping, dan “stream line”, dengan gerakan renang sangat anggun. Arwana di alam mempunyai variasi warna seperti hijau, perak, atau merah. Pada bibir bawahnya terdapat dua buah sungut yang berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa di permukaan air. Sungut ini termasuk dalam kriteria penilaian keindahan ikan.

Ikan Arwana merupakan ikan yang tergolong satwa langka Indonesia dengan habitat asli dari kalimantan dan juga irian. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang khas, berkesan gagah dan sedikit angkuh, dilengkapi dengan sungut pada mulutnya dan sisik yang besar dengan susunannya yang harmonis, membuat keindahan dari ikan ini sangat menonjol. Ikan ini berenang dengan tenang sehingga jika diletakkan dalam akuarium akan membuatnya benar benar terlihat sebagai ikan yang anggun.

Ada beberapa jenis ikan arwana, seperti arwana Silver, Gold, Super Red dan sebagainya. Namun yang mempunyai harga jual tertinggi ataupun paling diminati oleh penggemar ikan naga ini adalah jenis Super Red. Jenis ini dipercaya membawa keberuntungan (hokie) bagi pemiliknya dan pembawa kekayaan sekaligus dapat menaikkan status sosial sang pemilik terutama jika memiliki Arwana dengan spesifikasi khusus yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pada awalnya ikan ini dikenal sangat sulit untuk berkembang biak diluar habitat aslinya, namun pada perkembangannya ikan ini dapat berkembang biak pada tambak ataupun kolam-kolam buatan dengan air yang telah diatur keasaman ataupun suhunya. Hal ini memungkinkan penangkaran dapat dilakukan jauh dari habitat asli ikan ini.

Permintaan yang tinggi dengan ketersediaan alam yang terbatas menyebabkan eksploitasi ikan arwana di alam dibatasi. CITES (Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna) menetapkan bahwa ikan Arwana Asia sebagai ikan yang mendapat perlindungan tertinggi. Berdasarkan hal tersebut kami mencoba untuk membaca peluang yang besar dalam mengembangjan usaha pembesaran ikan arwana, akan tetapi ketiadaan modal merupakan persoalan yang mendasar dalam usaha pembesaran ikan arwana ini. Kami berharap adanya bantuan dana penguatan modal dalam usaha ini sehingga kami dapat mengembangkan segala aspek menyangkut tujuan dari usaha pembesaran ikan arwana tersebut.

 

B.    Maksud dan Tujuan

Maksud

Melalui usaha ini diharapkan budidaya ijan arwana yang dikelola semakin berkembang dan membawa dampak perubahan yang lebih baik terhadap peningkatan kesejahteraan warga sekitar.

Tujuan

Dari bantuan ini diharapkan:

1.     Meningkatkan motivasi dan kerjasama diantara pembudidaya dalam rangka pengelolaan dan pengembangan usaha yang dilakukan.

2.     Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pembudidaya sehingga mampu mengatasi masalah-masalah perekonomian keluarga.

3.     Meningkatkan kepedulian para pembudidaya dalam menangani permasalahan sosial dan ekonomi di lingkungannya.

 

C.    HASIL YANG DIHARAPKAN

Secara sederhana hasil yang diharapkan dari pengajuan proposal ini adalah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengajuan dana pengembangan usaha. Sangat disayangkan potensi yang ada tidak dioptimalkan. Keinginan kami untuk pengembangan usaha pembesaran ikan arwana sangatlah besar dan berharap kelak menjadi pengusaha yang tumbuh sehat, tangguh dan mandiri jika permodalan ini ada atau diberikan. Adapun setelah kegiatan ini berjalan kami berharap dapat menyediakan ikan arwana dalam kualitas dan kuantitas yang memadai dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

D.    ALOKASI DANA

No

Item

Banyaknya

Harga Satuan

(Rp)

Total Harga

(Rp)

Vol

Sat

1

Benih Arwana

20

ekor

1.000.000,-

20.000.000,-

2

Tempat Pembesaran

2

buah

3.000.000,-

6.000.000,-

3

Peralatan Sirkulasi

2

buah

500.000,-

1.000.000,-

4

Heater

2

buah

250.000,-

500.000,-

5

Pakan (Jangkrik) perbulan

2

kolam

200.000,-

400.000,-

6

Obat-obatan

2

kolam

250.000,-

500.000,-

7

Lain-lain

1

keg

100.000,-

100.000,-

Jumlah

20.000.000,-

 

E.     PENUTUP

Demikian Proposal ini kami buat disertai harapan kiranya mendapat perhatian serta tanggapan yang positif dari semua pihak.

Akhirnya, atas perhatian serta perkenan Bapak/Ibu mengabulkan harapan sekaligus permohonan kami, sebelumnya kami ucapkan terima kasih. Semoga segala langkah kita senantiasa ada dalam Lindungan Serta Barokah Alloh SWT. Amiin.

 

 

 

                                                                                Singaparna,   Juni 2012

                                                                                Pemohon,

 

 

 

 

 

                                                                                      Rizky Syu’ban

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Ikan Arwana Super Red Atau Golden"